Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Penggunaan Masook - Simpatika (Absensi Real Time)

Dalam perkembangannya, untuk memudahkan guru dan admin/operator dalam proses presensi sehingga lebih efektif dan efisien, maka dilakukan proses sinkronisasi data antara Masook dengan Simpatika, sehingga semua data terkait presensi yang ada di Simpatika, selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan presensi dengan menggunakan Layanan Sistem Masook.


Masook adalah sistem layanan presensi biometrik online yang menggunakan face detection and lifeness detection sebagai autentifikasi. Namun untuk mendukung proses presensi agar tetap dapat dilakukan meskipun tidak ada jaringan internet.


Maka Masook memiliki fitur untuk dapat presensi saat kondisi offline. Masook sendiri terdiri dari SIM (Sistem Informasi Manajemen) untuk melakukan pengelolaannya dan juga Mobile Apps yang digunakan untuk melakukan aktivitas presensi.


Dengan menggunakan Masook, beberapa keuntungan yang didapat diantaranya tidak perlu lagi proses perhitungan presensi secara manual yang selama ini dilakukan oleh Admin atau Operator Simpatika; Laporan yang realtime; Integrasi dengan Simpatika; dan masih banyak manfaat yang lainnya




Daftar Istilah


  • Perangkat

Merupakan alat presensi di setiap instansi, dimana berupa perangkat keras seperti ponsel atau tablet. Alat yang sudah didaftarkan sebagai perangkat presensi di instansi, nantinya akan masuk dalam menu Perangkat


  • Update

Adalah perintah yang digunakan untuk memperbarui sebuah program


  • Opsional

Merupakan kata serapan dari bahasa inggris "Optional" dari kata dasar option yang artinya pilihan, kehendak, kebebasan atau juga dapat diartikan "bersifat bebas memilih".


  • Enroll/Verifikasi Wajah

Proses dimana pengguna (guru atau admin/operator) melakukan proses autentifikasi wajah ke sistem, dengan cara deteksi biometrik struktur wajah.


  • Unenroll/Verifikasi Wajah Ulang

Dimungkinkan jika mengalami kendala, maka proses verifikasi wajah ulang ini dapat dilakukan dengan syarat sebelumnya telah melakukan verifikasi. Proses ini sama artinya dengan membatalkan data wajah sebelumnya, kemudian memasukkan data wajah terbaru.


  • Filter

Proses untuk melakukan penyaringan data sesuai dengan kebutuhan, parameternya dapat disesuai dengan variabel yang ada pada menu SIM Masook


  • Kode Operator

Merupakan kode unik yang muncul di setiap akun operator pada SIM Masook, yang letaknya di menu Beranda. Kode ini digunakan untuk proses pendaftaran perangkat presensi instansi Kode Organisasi

Sama halnya dengan Kode Operator, hanya saja keunikan ini terletak pada setiap organisasi/instansinya saja. Fungsinya sebagai pembeda antara instansi satu dengan instansi yang lainnya


  • Otomatis

Adalah bekerja secara otomat atau juga dapat kita artikan "bekerja dengan sendirinya".


1. Kelola Akses Layanan


Di dalam Kelola Akses Layanan dijelaskan mengenai detail dalam mengakses layanan aplikasi masook operator. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan pada bagian kelola akses layanan : 

  1. Masuk ke dalam SIM (Sistem Informasi Manajemen) Masook
  2. Menyesuaikan Profil Akun
  3. Mengubah Kata Sandi
  4. Keluar


1.0.1 Aktivasi dan Konfirmasi Penggunaan Data Simpatika untuk Layanan Masook


Sebelum menggunakan Masook. Operator wajib untuk melakukan aktivasi layanan masook dan menyetujui konfirmasi penggunaan data simpatika terhadap masook. Adapun data tersebut berupa data madrasah yang diintegrasikan dan data madrasahnya. 


Langkah untuk menyetujui Authorized tersebut sebagai berikut :


  1. Silakan melakukan proses login ke Simpatika dengan akses ke halaman login Simpatika pada https://simpatika.kemenag.go.id/
  2. Pilih menu Login
  3. Gulir ke bawah, dan klik tombol Login Admin jika Anda adalah Admin Madrasah dan pilih Login PTK jika Anda adalah PTK di Madrasah
  4. Masukan username dan password Anda. Kemudian klik Login Masuk
  5. Pilih menu Sekolah dan pilih menu Absensi
  6. Pilih menu Aplikasi Terintegrasi dan klik Masook (Presensi Biometrik)
  7. Maka sistem akan menampilkan informasi konfirmasi terlebih dahulu. Informasi konfirmasi ini hanya sekali saja. Sehingga selanjutnya tidak akan muncul kembali. Klik YA jika Anda atau intansi Anda setuju untuk menggunakan Masook dengan basis data dari Simpatika. Dan klik Tidak jika memang tidak setuju. Proses ini juga sebagai langkah untuk melakukan Aktivasi Layanan Masook melalui Admin/Operator Madrasah yang bekerjasama dengan Masook.






1.0 Akses SIM Masook Melalui SIMPATIKA


Berikut ini adalah langkah-langkah untuk masuk ke dalam SIM Masook melalui sistem SIMPATIKA sebagai operator :

  1. Silakan melakukan proses login ke Simpatika dengan akses ke halaman login Simpatika pada https://simpatika.kemenag.go.id/
  2. Pilih menu Login
  3. Gulir ke bawah, dan klik tombol Login Admin jika Anda adalah Admin Madrasah dan pilih Login PTK jika Anda adalah PTK di Madrasah
  4. Masukan username dan password Anda. Kemudian klik Login Masuk
  5. Pilih menu Sekolah dan pilih menu Absensi
  6. Pilih menu Aplikasi Terintegrasi dan klik Masook (Presensi Biometrik)
  7. Maka sistem akan secara otomatis mengarahkan anda ke halaman SIM Masook




Demikian informasi tentang Panduan Penggunaan Masook - Simpatika (Absensi Real Time), semoga bermanfaat. Aamiin.


Admin
Admin Penulis