Buku Siswa Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 10 SMA-SMK Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Pendidikan dengan paradigma baru merupakan suatu keniscayaan dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. Salah satu upaya untuk mengimplementasikannya adalah dengan menghadirkan bahan ajar yang mampu menjawab tantangan tersebut.
Hadirnya Buku Teks Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti ini sebagai salah satu bahan ajar diharapkan memberikan warna baru dalam pembelajaran di sekolah. Desain pembelajaran yang mengacu pada kecakapan abad ke-21 dalam buku ini dapat dimanfaatkan oleh para pendidik untuk mengembangkan seluruh potensi peserta didik dalam menyelesaikan capaian pembelajarannya secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Di samping itu, elaborasi dengan semangat Merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila sebagai bintang penuntun pembelajaran yang disajikan dalam buku ini akan mendukung pengembangan sikap dan karakter peserta didik yang memiliki sraddha dan bhakti (bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia), berkebhinnekaan global, bergotong-royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.
Ini tentu sejalan dengan visi Kementerian Agama yaitu: Kementerian Agama yang profesional dan andal dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong. Selanjutnya muatan Weda, Tattwa/Sraddha, Susila, Acara, dan Sejarah Agama Hindu dalam buku ini akan mengarahkan peserta didik menjadi pribadi yang baik, berbakti kepada Hyang Widhi Wasa, mencintai sesama ciptaan Tuhan, serta mampu menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai keluhuran Weda dan kearifan lokal yang diwariskan oleh para leluhurnya.
Buku Siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas X untuk siswa SMA/SMK ini disusun untuk dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran oleh peserta didik di sekolah. Buku Siswa ini disusun berdasarkan Paradigma Baru tahun 2020. Isi materi dari buku ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam memahami serta memberikan ruang diskusi untuk menganalisis kepada peserta didik sehingga bisa menghayati dan mengamalkan pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam kehidupan untuk membangun kebijaksanaan dalam hidup sehingga terbangun moderasi beragama.
Asesmen diberikan di akhir setiap bab untuk menguji dan mengukur tingkat penguasaan aspek pengetahuan peserta didik dengan berbagai instrument. Buku siswa ini juga dilengkapi dengan glosarium yang memuat penjelasan istilah-istilah yang digunakan dalam buku ini yang bertujuan untuk membantu peserta didik dalam memahami materi. Buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik seuai materi, guna memotivasi dan menanamkan sikap senang membaca (literasi) kepada peserta didik.
Bab 1 Dharmaśastra Sebagai Sumber Hukum Hindu
A. Dharmaśastra pada Catur Yuga
B. Dharmaśastra Sebagai Sumber Hukum Hindu
C. Sloka-Sloka Dharmaśastra Sebagai Sumber Hukum Hindu
D. Nilai-Nilai Dharmaśastra di Setiap Yuga
E. Menghubungkan Nilai-Nilai Ajaran Dharmaśastra dengan Kaliyuga
Bab 2 Ajaran Punarbhawa sebagai Wahana Memperbaiki Kualitas Diri
A. Punarbhawa Sebagai Wahana Memperbaiki Kualitas Diri
B. Nilai-nilai Ajaran Punarbhawa Sebagai Wahana Memperbaiki Kualitas Diri
C. Cara Menghubungkan Ajaran Punarbhawa dengan Karmaphala Sebagai Wahana Memperbaiki Kualitas Diri
D. Implikasi Penerapan Ajaran Punarbhawa Terhadap Kualitas Diri
Bab 3 Catur Warna dalam Kehidupan Masyarakat
A. Catur Warna dalam Kehidupan Masyarakat
B. Sumber Ajaran Catur Warna dalam Susastra Hindu
C. Kewajiban dari Setiap Catur Warna dalam Kehidupan Masyarakat
D. Menghubungkan Kewajiban dari Setiap Catur Warna dalam Kehidupan Masyarakat
Bab 4 Nilai-Nilai Yājña dalam Kitab Ramayana
A. Nilai-Nilai Yajňa dalam Kitab Ramayana
B. Sumber Ajaran Nilai-Nilai Yajňa dalam Kitab Ramayana
C. Menerapkan Nilai-Nilai Yajňa dalam Kitab Ramayana
D. Implikasi Penerapan Nilai-Nilai Yajňa dalam Kitab Ramayana
Bab 5 Peninggalan Sejarah Hindu di Asia
A. Peninggalan Sejarah Agama Hindu di Asia
B. Bukti Sejarah Peninggalan Agama Hindu di Asia
C. Nilai-Nilai Peninggalan Sejarah Hindu di Asia
D. Melestarikan Peninggalan Sejarah Hindu di Asia