Buku Panduan Guru Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 10 SMA-SMK Seni Tari
Pendidikan tari memiliki peran yang sangat penting untuk tujuan pendidikan. Namun, fenomena yang terjadi dalam pembelajaran tari saat ini masih memiliki beberapa tantangan antara lain:
1. Tidak semua sekolah memiliki guru seni tari, sehingga di beberapa sekolah masih terdapat guru mata pelajaran lain atau cabang seni lain yang bertugas untuk mengajar seni tari. Kondisi ini memiliki efek tidak optimalnya pembelajaran tari dari aspek materi maupun metode pembelajaran tari;
2. Keberagaman minat serta bakat peserta didik, sehingga masih banyak peserta didik yang malu atau sulit mengekspresikan diri dalam belajar seni tari;
Untuk menjawab tantangan tersebut penulis merancang buku panduan untuk para guru seni tari di Indonesia. Karakteristik isi buku panduan guru ini, menyampaikan materi dan kegiatan pembelajaran yang dirancang agar peserta didik lebih aktif, dapat mengekspresikan diri melalui seni tari. Harapannya dengan mempelajari seni tari, peserta didik tidak hanya mampu mengekpresikan diri dan berkreasi dengan seni. Namun, juga dapat mengenal, memahami dan mengapresiasi budaya lokal sebagai jati diri bangsa.
Unit Pembelajaran 1 Berkenalan Dengan Makna Tari
Unit Pembelajaran 2 Menafsirkan Makna Tari
Unit Pembelajaran 3 Berkreasi Tari dari Karya Seni Bentuk Lain
Unit Pembelajaran 4 Pementasan Tari