Buku Panduan Guru Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 7 SMP Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti
Pendidikan agama Khonghucu adalah tuntunan atau bimbingan untuk manusia agar dapat hidup sebagai manusia seutuhnya. Hidup sebagai manusia seutuhnya dimaksudkan untuk dapat menepati kodrat atau mengikuti irman Tian dalam bentuk Watak Sejati. Dalam Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Khonghucu disebutkan mendidik adalah proses atau usaha menumbuhkan benih kebajikan yang berwujud sebagai watak sejati dan mengantisipasi kekhilafan yang terjadi.
Terdapat empat kekhilafan yang terjadi pada pelajar, yaitu: khilaf karena terlalu banyak yang dipelajari (Duo Shi); khilaf karena terlalu sedikit yang dipelajari (Gua Shi); khilaf karena menggampangkan (Yi Shi); dan khilaf karena ingin segera berhenti belajar (Zhi Shi). Keempat masalah yang tersurat dalam Kitab Li Ji dan dijelaskan juga masalah tersebut dapat diselesaikan dengan mengetahui akan hatinya.
Pendidikan sangat menekankan adanya suatu pandangan bahwa watak sejati manusia itu pada dasarnya baik.Atas dasar keyakinan bahwa watak sejati manusia itu baik, maka esensi Pendidikan adalah mengajar sekaligus mendewasakan, dan pendidikan dalam agama Khonghucu pada hakikatnya menjadikan orang tetap baik, bertahan pada itrah atau kodrat alaminya (xing), dan menolong dari kekhilafan-kekhilafan.
Bab 1 Agama dan Peradaban
Bab 2 Agama Khonghucu Imanku
Bab 3 Nabi Kongzi Sebagai Tian Zhi Muduo
Bab 4 Mestika Kehidupan
Bab 5 Aku Indonesia