Buku Panduan Guru Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 7 SMP Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
Buku panduan ini digunakan guru sebagai acuan dalam penyelenggaraan proses pembelajaran dan penilaian Pendidikan Agama Kristen (PAK) di kelas, secara khusus untuk:
1. Membantu guru mengembangkan kegiatan pembelajaran dan penilaian Pendidikan Agama Kristen di tingkat Pendidikan Dasar dan disesusaikan dengan kebutuhan pada kelas dan jenjang.
2. Memberikan gagasan dalam rangka mengembangkan pemahaman, keterampilan, dan sikap serta perilaku dalam berbagai kegiatan belajar mengajar PAK dalam lingkup elemen dan sub elemen dalam kurikulum PAK;
3. Memberikan gagasan contoh pembelajaran PAK yang mengaktikan peserta didik melalui berbagai ragam metode dan pendekatan pembelajaran dan penilaian;
4. Mengembangkan metode yang dapat memotivasi peserta didik untuk selalu menerapkan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.
Ruang lingkup buku panduan ini diharapkan dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang mengacu pada buku siswa SMP kelas VII. Selain itu buku panduan ini dapat memberi wawasan bagi guru tentang prinsip pengembangan kurikulum, penyederhanaan kurikulum, fungsi dan tujuan Pendidikan Agama Kristen, cara pembelajaran dan penilaian PAK serta penjelasan kegiatan Guru pada setiap bab yang ada pada buku siswa.
Pembelajaran Bab I: Allah Memelihara Hidup Manusia (Ketika Hidup Tidak Berjalan Menurut Impian Saya)
Pembelajaran Bab II: Hidup Manusia Dalam Pemeliharaan Allah
Pembelajaran Bab III: Meneladani Yesus Dalam Mengampuni Sesama
Pembelajaran Bab IV: Roh Kudus Memeperbarui Hidup Orang Beriman
Pembelajaran Bab V: Setia Berdoa, Membaca Alkitab dan Beribadah Sesama
Pembelajaran Bab VI: Alkitab Penuntun Hidup Ku
Pembelajaran Bab VII: Nilai-nilai Kristiani Menjadi Pegangan Hidupku
Pembelajaran Bab VIII: Disiplin di Rumah dan di Sekolah
Pembelajaran Bab IX: Makna Gereja Bagiku
Pembelajaran Bab X: Hidup Bersama dalam Masyarakat Majemuk
Pembelajaran Bab XI: Relasi Manusia dengan Alam
Pembelajaran Bab XII: Tanggung jawab Manusia Memelihara Alam